>>>>>Welcome to AreBeat's Blog<<<<<<

..........Semoga blog ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya........

Minggu, 21 Februari 2010

MEMANFAATKAN FASILITIAS WORD PROCESS (MICROSOFT WORD) DALAM SEBUAH PENULISAN LAPORAN ATAU KARYA ILMIAH

Dalam menulis sebuah laporan atau karya ilmiah, terkadang kita kesulitan dalam penulisan daftar isi, catatan kaki, daftar pustaka, dll. Banyak orang yang biasanya menulisnya secara manual saja. Padahal dalam Microsoft Word sudah tersedia, tapi kita belum begitu tau cara penggunaannya. Nah…untuk kali ini saya akan membahas cara penggunaan fasilitas Microsof word untuk membantu penulisan sebuah laporan atau karya ilmiah, sehingga kita tidak perlu lagi kebingungan dalam menuliskannya….!!!
Perlu diingat saya menggunakan Microsoft Word 2007…..^_^
1. Footnote
Footnote ialah sebuah catatan kaki, yang biasanya digunakan dalam sebuah karya ilmiah. Penggunaan Footnote sebenarnya sudah disediakan oleh Microsoft Word. Carannya seperti ini :

a. Taruh kursor pada kata-kata yang akan dibuat sebagai catatan kaki
b. Kemudian pilih menu ‘References’ di Menu Bar
c. Lalu pilih ‘Insert Footnote’ yang bersimbolkan ‘AB1’
d. Maka akan muncul angka ‘1’ pada tulisan tersebut, dan di bawah halaman juga mncul angka ‘1’ untuk keterangan dari tulisan yang berada di atasnya.
Contoh : VISUALISASI ORGAN TUBUH MANUSIA BERBASIS JAVA 3D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Romita Apriyani1, Amanda Rehana A.T2, Novi Khassifa3
Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang
Jl. Surabaya No. 6 Malang 65145


2. Endnote
Endnote sama seperti footnote, tapi perbedaannya adalah jika footnote keterangannya dituliskan pada akhir halaman itu juga, sedangkan endnote keterangannya dituliskan pada akhir pembahasan. Caranya sama seperti footnote, tapi bila endnote setelah memilih ‘References’ lalu memilih ‘Insert Endnote’
3. Daftar Isi
Biasanya kita dalam menuliskan daftar isi bersifat manual, jadi kita sangat direpotkan dengan menuliskannya ketika harus mencocokannya dengan halaman yang bersangkutan. Caranya seperti berikut :
a. blok bab yang akan dimasukkan dalam Daftar Isi
b. Kemudian pilih menu ‘References’ di Menu Bar
c. Lalu pilih ‘Add Text’ yang pada ‘Table of Contents’
d. Maka akan muncul seperti berikut ini :

Contents
CHAPTER II 2
THE REVIEW OF RELATED LITERATURE 2
2.1 Reading Comprehension 2
2.1.1 The Nature of Reading Comprehension 2
2.1.2 Levels of Reading Comprehension 3
P.S : - Penomoran halaman akan terganti secara otomatis bila halaman diganti.
- Datftar isi ini digunakan dalam 1 file, bila terdapat beberapa file maka akan digunakan hyperlink.

4. Cover
Membuat cover secara otomatis, bisa digunakan dengan cara :
a. Pilih Insert
b. Kemudian pilih ‘cover page’, pilih templet cover yang diinginkan untuk sebuah cover.
P.S : cover bisa dimodifikasi sendiri sesuai pilihan
5. Page Number
Penomoran halaman bias menggunakan page number, dengan cara :
a. Pilih Insert
b. Kemudian pilih menu yang diinginkan
 Top of page : penomoran diletakkan diatas
 Buttom of page : penomoran diletakkan di bawah
6. Rujukan
Penulisan rujukan bisa juga ditulis secara otomatis, dengan cara :
a. Pilih menu ‘References’
b. Lalu ‘Insert Citation’
c. Kemudian pilih ‘Add New Source’
d. Lalu tuliskan nama pengarang, judul buku, tahun, dll.
e. Maka akan muncul seperti berikut ini :
(Silberstein, 1987)
7. Bibilography
Penulisan bibilografi carannya hampir sama dengan penulisan rujukan. Setelah menulis semuanya di ‘Add New Source’ seperti yang dilakukan di rujukan. Kemudian pilih ‘Bibliography’, maka akan tampil seperti berikut ini :
Bibliography
Indrajani, M. (2007). Pemrograman Berbasis Objek dengan Bahasa Java. Jakarta: Elex media Komputindo.
irawan. (2008). Java untuk Profesional. Palembang: Maxikom.

8. Menyisipkan keterangan gambar
Menyisipkan keterangan gambar, caranya :
a. Pilih ‘Insert Caption’
b. Pilih sesuai keterangan yang akan digunakan.
c. Lalu klik ‘ok’, setelah itu tulis keterangan gambar yang dijelaskan. Maka akan tampil seperti ini :
Gambar 1Komponen Penyusunan Sistem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me